SMK HARAPAN BANGSA DEPOK TERPAPAR LITERASI DIGITAL
diposting oleh : Admin | pada : Kamis, 21 Juli 2022

Depok-21 Juli -2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya menggelar akses internet berkecepatan tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut maka edukasi pemanfaatan internet secara bijak menjadi sangat penting agar masyarakat Indonesia  menggunakanya dengan baik sesuai aturan yang ada. Lirerasi digital menjadi kunci utama untuk memberikan pemahaman yang  koperhensif melalui empati  pilar literas digital, yakni digital Culture, Digital Etic, Digital Skil dan Digital Sefety. Hal itu dikatakan Bambang Tri Santoso Ketua TIM Literasi Digital Sektor Pendidikan, saat memberikan sambutan pada acara Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan SMK bersama Pandu Digital, dengan Tema "Bijak Menggunakan Media Sosial Untuk Masa Depan" di SMK Harapan Bangsa, jan Komjen Pol.M . Jasin No. 89 Kelapa Dua Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu (21/6).

‚ÄúTugas Kementerian Kominfo salah satunya adalar menyediakan infrastruktur internet berkecepatan tinggiyang dalam hal ini dilakukan oleh BAKTi Kominfo, dengan Palapa ring dan Satelit SATRIA. Setelah akses internet berkecepatan tinggi masuk hingga ke pelosok Tanah Air, maka yang harus dilakukan adalah, edukasi pemanfaatan internet secara bijak, cerdas, kreastif dan produktif  seria sesuai aturan yang ada." katanya.

Lebih lanjut Bambang Tri Santoso mengatakan, menurut survei,  literasi digital Indonesia masih pada tingkatan sedang. Perlu dilakukan upaya terus menerus agar masyarakat Indonesia mendapatkan literasi digital. Ada beberapa sekmen masyarakat yang menjadi sararan Kemkominfo diantaranya Pendidikan, ASN, TNI/POLRI, Komunitas dan masyarakat umum. Ditegaskan bahwa target orang terpaparliterasi di sektor pendidikan untuk Perguruan Tinggi dan SMK di tahun 2022 sebanyak 250.000 orang. Jumlah tersebut akan dicapai dengan pola kolaborasi kerjasama dengan Kampus-kampus, SMK, juga Dinas pendidikan Provinsi di berbagai daerah. Dengan pelatihan ini diharapkan siswa SMK Harapan Bangsa data mengikuti dengan bail, serta aktif bertanya kepada para narasumber, agar mendapatkan pemahaman yang benar tentang ympat pilar literasi digital.

Semestra itu Kerala Sekolah SMK Harapan Bangsa  Drs. Suwanto,S.E.MM, dalam sambutanya menyambut baik program Kominfo tentang literasi digital yang menyasar Siswa SMK, terutama siswa baru, agar mereka semakin faham tentang etika, keamanan, juga apa-apa yang dilarang dalam menggunakan sosial media.  Acara tersebut dipandu oleh Moderator : Khoirunnisa, sedangkan para Narasumber adalah Ali Imran, S.Kom (Digital Safety) SMK Harapan Bangsa, Abdul Aziz, S.Kom (Digital Ethic) Pandu Digital Indonesia, Tanzela Azizi, S.Kom (Digital Skill) Edukasi4ID (admin)

 

 

Blog/Artikel Terkait
Sabtu, 26 Agustus 2023 | Diposting oleh : Admin