Sekda Apresiasi Pembentukan Pandu Digital Kabupaten Kuningan
diposting oleh : Admin | pada : Sabtu, 26 Agustus 2023

Kuningan, Pandu Digital : Sekda Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar menapresiasi atas upaya para Kementrian Komunikasi dan Informatika, Relawan TIK dan Pandu Digital dalam mendukung literasi digital di Masyarakat Kabupaten Kuningan, pihaknya menegaskan perkembangan teknologi informasi telah merubah aspek kehidupan masyarakat, termasuk pendidikan. "Seminar dan workshop ini merupakan langkah penting dalam memastikan guru-guru kami memiliki kompetensi digital yang diperlukan untuk masa depan pendidikan yang semakin canggih," ujar Dian saat memberikan sambutan, Jumat (25/8/2023).

Menurutnya, kolaborasi antara sektor pemerintahan, pendidikan, dan relawan TIK sangatlah penting dalam menciptakan pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman. "Dengan adanya panduan ini, guru-guru kami akan mampu menghadapi tantangan dunia teknologi informasi dengan lebih percaya diri," ujarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Kuningan telah sukses menggelar Seminar dan Workshop Pembentukan Pandu Digital Sektor Pendidikan dengan tema "Gerakan Literasi Digital dalam Peningkatan Kompetensi Guru" di Gedung Djarnawi, Lantai 3, STKIP Muhammadiyah Kuningan, sejak tanggal 25 - 27 Agustus 2023.

Acara ini dihadiri oleh ratusan tenaga pengajar dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk PAUD/TK/RA, SD, SMP, SMA, dan mahasiswa. Dalam seminar dan workshop tatap muka yang diadakan di Aula STKIP Muhammadiyah Kuningan, para peserta mendapatkan wawasan dari para pemateri yang ahli di berbagai bidang terkait literasi digital.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Relawan TIK Jawa Barat, Muh Nurfajar Muharam, mengangkat isu penting tentang digital safety.  "Anak-anak kita telah akrab dengan teknologi sejak dini. Oleh karena itu, para pendidik harus memastikan bahwa literasi digital juga mencakup aspek keselamatan dalam berinternet," ujarnya.

Workshop ini tidak hanya menghadirkan para pemateri berpengalaman, tetapi juga melibatkan para praktisi di lapangan. Nanang Abdurahman, salah satu Pandu Digital, menjelaskan, "Kami ingin memberikan panduan praktis kepada guru-guru dalam hal pembuatan konten kreatif untuk pembelajaran. Dengan cara ini, pesan-pesan edukatif dapat tersampaikan dengan lebih efektif kepada generasi muda," ujarnya.

Dalam agenda tersebut juga diadakan pelantikan Komisariat Relawan TIK Kabupaten Kuningan oleh Ketua Relawan TIK Jawa Barat, Muh Nurfajar Muharam.

Di akhir acara, para peserta diberikan kesempatan untuk menjawab post-test dan mengerjakan tugas berdasarkan bahan ajar yang telah disampaikan. Mereka juga akan menerima sertifikat sebagai bukti keikutsertaan mereka dalam workshop ini.

Salah satu peserta, Guru SD Nisa merasa sangat terbantu dengan workshop ini. "Saya belajar bagaimana menggunakan teknologi informasi secara efektif dalam pembelajaran, serta mendapatkan panduan praktis untuk membuat bahan ajar digital," ujarnya.

Kolaborasi antara pemerintah, relawan TIK, dan para pendidik diharapkan akan terus memperkuat literasi digital di sektor pendidikan, memastikan generasi muda siap menghadapi masa depan yang penuh teknologi.

Blog/Artikel Terkait
Sabtu, 26 Agustus 2023 | Diposting oleh : Admin